Posted by Ka. Unit TI on December 10, 2020



PENDAHULUAN

Kurikulum Pendidikan merupakan perangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses dan penilaian yang digunakan dalam penyelenggaraan program studi (AIPVIKI, 2020). Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Jakarta I terdiri atas kurikulum tahap akademik (Sarjana Terapan Keperawatan) dan kurikulum tahap profesi Ners) yang mengacu pada Kurikulum Pendidikan Sarjana Terapan Keperawatan Tahun 2018 (BPPSDMK, 2018) dan Visi, Misi, Tujuan, Strategi dan Sasaran Jurusan Keperawatan Poltekkes Jakarta I, yaitu: Menjadi institusi Pendidikan Keperawatan Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners yang unggul pada bidang keperawatan kardiovaskuler dasar, andal dan bermartabat yang berorientasi global.

 

Saat ini telah dikembangkan dan ditetapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi Keperawatan bagi Prodi Sarjana Terapan Keperawatan oleh AIPVIKI (2020). Untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum baru tersebut, maka dilaksanakan kegiatan “Review dan Pengembangan KPT Prodi Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Jakarta I.” dengan tujuan: 1) meningkatnya pemahaman dosen, intruktur/ PLP, preceptor, dan stakeholder lainnya tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi Prodi Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners Tahun 2020; dan 2) diperolehnya masukan untuk pengembangan Kurikulum Institusi Prodi Sarjana Terapan Keperawatan-Ners Tahun Ajaran 2021/2022 dari narasumber, reviewer, dan stakeholder.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Direktorat Poltekkes Kemenkes Jakarta I pada hari Jum’at, 4 Desember 2020, jam 07.30 sampai dengan 20.00. Sambutan diberikan oleh Ketua Jurusan Keperawatan, Ibu Mumpuni, S.Kp., M.Biomed, dan Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta I: Ibu drg. Ita Astit Karmawati, MARS yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan review Kurikulum. Dengan Narasumber dan reviewer adalah: Dr. Tri Anjaswarni, S.Kp., M.Kep (DPD PPNI Kota Malang) dengan metode daring (zoom).

Peserta yang hadir, adalah: seluruh dosen dan instruktur/ PLP Jurusan Keperawatan. Stakeholder yang hadir, meliputi: 1) Kabid. Pelayanan Keperawatan RSUP Fatmawati (Ns. Ana Farida, M.Kep., Sp.KMB); Kabid. Perawatan RS Jantung & Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita (ibu Tina Rahmawati, S.Kp), ibu Tini Sumartini, Pak Tandang, Pak Winardi, Pak Erwin; serta Preceptor dari RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu: Ns. Indah Solihati, S.Kep; Ns. Tati Wahyuni, S.Kep; dan Ns. Melya, S.Kep. Alumni: Ns. Tri Agustina C. S.Kep.

Jakarta, 4 Desember 2020

Ketua Pelaksana: Tutiany

FOTO KEGIATAN REVIEW KPT PRODI PROFESI NERS
JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES JAKARTA I

Sambutan Ketua Jurusan Keperawatan: Mumpuni, S.Kp., M.Biomed;
Pembukaan secara resmi oleh Direktur: drg. Ita Astit Karmawati, MARS


MC: Dwi Setiadi, S.Kep., Ners

Moderator: Dr. Tutiany, S.Kp., M.Kes


Hadir dari Bidang Keperawatan RS Jantung & Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita: ibu Tina Rahmawati, S.Kp; Bpk Winardi; Bpk Erwin; Bpk Tandang


Wawancara kepada Kabid. Pelayanan Keperawatan (ibu Ana Farida) tentang Kebutuhan user akan kompetensi lulusan Prodi Profesi Ners terkait Penciri Prodi Keperawatan Kardivaskuler Dasar


Wawancara kepada Preceptor dari RSUP Fatmawati & RSUD Pasar Minggu (Indah Solihati, Tati Wahyuni, Melya) tentang fenomena penyakit jantung di RS dan kompetensi Perawat Ners    


Bersama Kabid Yankep RSUP Fatmawati: Ana Farida, M.Kep., Sp.KMB, Kabid Diklat RS Jantung Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita: Tina , Pak Tandang, Pak Winardi, Pak Erwin, dan Preceptor dari RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu: bu Indah Solihati, Tati Wahyuni, Melya.


Tim IT: Pak Argi dan Pak Ade


Serifikat Pembicara


Image not Found